Apa Perbedaan Dari TOEFL Dan IELTS?

Kelas IELTS dan TOEFL masih banyak orang yang tidak tahu akan perbedaan kedua tes tersebut. Bahkan beberapa siswa terkadang masih bingung untuk menentukan kelas mana yang harus mereka ikuti. Terdapat beberapa perbedaan dalam kedua tes.

kelas ielts

Kelas IELTS dan TOEFL masih banyak orang yang tidak tahu akan perbedaan kedua tes tersebut. Bahkan beberapa siswa terkadang masih bingung untuk menentukan kelas mana yang harus mereka ikuti. Ada beberapa perbedaan dalam kedua tes tersebut yang akan kita jelaskan.

Tes IELTS

Secara umum tes IELTS ini akan lebih diterima oleh institusi yang berada di negara Australia, Selandia Baru dan Inggris. IELTS ini merupakan suatu test atau uji coba dalam bahasa Inggris yang diadakan dan merupakan kerjasama dengan British Council, Universitas Cambridge, dan juga IDP Education Australia. Pada kelas IELTS ini bahasa Inggris yang dipakai adalah bahasa Inggris British atau Britania.

Para murid yang mengikuti kursus IELTS score dapat menentukan sendiri modul akademik (bagi yang mempunyai keinginan untuk mendaftar pada Universitas dan juga pendidikan tinggi yang lainnya) atau bisa memilih modul untuk pelatih umum (diperuntukan untuk yang mengikuti pelatihan non akademik, tujuan keimigrasian, dan mendapatkan pengalaman kerja) .

Pada tes IELTS dalam memberikan penilaian menggunakan skor 0-9 dan akan diratakan untuk skor dalam penilaian akhirnya adalah 0-9. Tes IELTS keseluruhan jawabannya akan ditulis menggunakan tangan.

TOEFL

Tes yang satu ini adalah menguji kemampuan dalam berbahasa Inggris menggunakan logat Amerika, yang menyelenggarakan ujian ini adalah kantor ETS yang ada di Amerika Serikat bagi seluruh peserta tes di seluruh dunia. Tes TOEFL ini umumnya akan diminta oleh Universitas yang berada di Kanada dan juga Amerika.

TOEFL sendiri mempunyai dua tipe yaitu TOEFL iBT yang diminta melakukan perekaman jawaban dalam komputer yang terhubung internet dan akan dikirimkan langsung ke ETS. TOEFL ITP ini umumnya dipakai pada wilayah Asia menggunakan skor yang bersifat institusional yang mempunyai arti hanya bisa digunakan untuk wilayah lokal tertentu dan tidak berlaku untuk seluruh dunia.

Untuk Tes TOEFL ITP akan di bagi lagi menjadi tiga jenis yaitu Reading comprehension, Listening, Structure and written expression. Berbeda dengan kelas IELTS di dalam TOEFL menggunakan struktur penilaian dengan total maksimalnya 500,550 sampai 600. iBT, tes yang dilakukan adalah speaking, listening, reading dan juga writing, maksimal untuk nilai iBT paling baru adalah 120 dan rata-rata nilai yang menjadi ketentuan 80 – 90.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *