MENGENAL BAGIAN-BAGIAN DARI MESIN DEEP FRYER DAN CARA MENGGORENG MENGGUNAKAN DEEP FRYER GAS

Jika anda mempunyai mesin penggorengan deep fryer jakarta, tidak ada salahnya untuk mengerti terlebih dahulu bagian-bagiannya. dengan mengetahui bagian –bagian dari deep fryer gas yang anda miliki, akan mempermudah dalam perawatan dan pemeliharaan. Anda juga dapat mengetahui bagian mana yang membutuhkan perawatan extra, dan juga tahu terlebih dahulu jika ada bagian yang kurang berfungsi.

Fryer Gas

Jika anda mempunyai mesin penggorengan deep fryer jakarta, tidak ada salahnya untuk mengerti terlebih dahulu bagian-bagiannya. dengan mengetahui bagian –bagian dari deep fryer gas yang anda miliki, akan mempermudah dalam perawatan dan pemeliharaan. Anda juga dapat mengetahui bagian mana yang membutuhkan perawatan extra, dan juga tahu terlebih dahulu jika ada bagian yang kurang berfungsi. Dengan begitu anda tahu tindakan apa yang harus dilakukan terhadap bagian tersebut.

Bagian-bagian deep fryer gas

Berikut adalah bagian-bagian dari deep fryer beserta penjelasannya.

  1. Fry Pot 

Terbuat dari stainless steel, dan berbentuk seperti jaring atau net yang digunakan untuk menaruh bahan makanan yang akan digoreng. Di bagian ini, terdapat dua zona yaitu cooking zone dan  cold zone. Minyak panas berada di zona cooking sementara cold zone adalah tempat dimana suhu minyak lebih rendah. Zona cold nantinya akan menjadi tempat bahan makanan yang hangus. Bahan makanan yang hangus tersebut akan masuk ke dinding dan dasar cold zone. Hal ini membuat minyak dapat lebih lama dan lebih sering digunakan.

  1. Heat source

Sumber pemanas pada type elektrik dan deep fryer gas berbeda. Pada deep fryer elektrik, sumber panas ada di dalam penggorengan, pada deep fryer gas sumber panas terletak diluar kabinet. Pada beberapa deep fryer gas, penggunaan infrared burner sudah digunakan, smentara pada deep fryer elektrik pemakaian induksi elektrik telah digunakan yang bertujuan untuk penghematan listrik.

  1. Thermostat

Thermostat bertugas untuk mengatur dan mengubah suhu minyak . Dengan adanya thermostat  maka suhu di dalam frypot akan tetap stabil.  Thermostat pula yang akan mencegah adanya hangus pada makanan.

Cara menggoreng menggunakan deep fryer gas

  1. Pilih jumlah minyak dengan lemak jenuh yang rendah agar minyak bisa mencapai suhu panas yang diinginkan untuk menggoreng dengan metode deep frying.  Panaskan jumlah minyak yang cukup yang dapat merendam keseluruhan bahan makanan. Contoh minyak yang mengandung lemak jenuh yang rendah adalah minyak kacang tanah, atau minyak bunga matahari.
  2. Aur suhu di thermostat, setelah mencapai suhu yang diinginkan, masukkan bahan makanan ke dalam fry pot. Sebaiknya anda tidak menggoreng sekaligus, bagikan ke dalam beberapa bagian terpisah. Hal ini dikarenakan ,menggoreng sekaligus dapat menurunkan suhu minyak dan membuat banyak minyak terserap kedalam bahan makanan. Makanan akan menjadi tidak renyah dan cenderung lembek.
  3. Sediakan penyaring untuk serpihan bekas menggoreng, usahakan ambil serpihan sebelum memulai proses  penggorengan selanjutnya. Beberapa mesin elektrik terdapat filter otomatis, cara kerjanya adalah dengan menekan tombol tertentu dan minyak akan mengalir ke penyaringan dan kembali ke chamber . penting untuk membuang serpihan bekas menggoreng karena jika dibiarkan akan mengganggu rasa dan penampilan makanan.
  4. Tiriskan makanan , dan proses penggorengan menggunakan deep fryer gas selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *